Kunjungan Kerja Ketua TP-PKK Provinsi Lampung di Kabupaten Way Kanan Tahun 2021

    Kunjungan Kerja Ketua TP-PKK Provinsi Lampung di Kabupaten Way Kanan Tahun 2021

    Way Kanan - Kunjungan Kerja (Kunker) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Lampung di Kabupaten Way Kanan Tahun 2021 di Gedung Serba Guna (GSG) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way KananSelasa, 12 Oktober 2021.

    Kedatangan ketua TP PKK Provinsi Lampung, Ny.  Riana Sari Arinal beserta rombongan dalam rangka kunker dan pembinaan tahun 2021 tersebut langsung disambut oleh Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati.

    Kegiatan yang mengusung tema “Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan” serta dalam rangka menggerakkan Keluarga Pelopor Keluarga Perubahan, diharapkan dapat menjadi gerakan yang mampu menginisiasi perubahan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik, terutama dimasa Pandemi Covid-19.

    Diawali dengan Senam Lampung Berjaya bersama anggota Perwosi, dilanjutkan tampilan Gamolan, Kampanye GEMARIKAN, Bazar Produk, Praktek Membatik, peninjauan SIGER Donor Darah, peninjauan Pemeriksaan Kesehatan YJI serta dilanjutkan peninjauan vaksinasi untuk 500 dosis di UPT Puskesmas Blambangan Umpu serta Pembinaan LKKS dan Pembinaan Pokja PAUD.

    Adipati dalam sambutannya, mengatakan bahwa hal yang menjadi tantangan dalam PKK adalah bagaimana membudayakan PKK sesuai dengan eksistensinya. PKK dengan 10 (sepuluh) program pokoknya, yaitu Penghayatan dan pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Mengembangkan kehidupan berkoperasi, Kelestarian lingkungan hidup, serta Perencanaan yang sehat merupakan kekuatan yang strategis. Apabila 10 (sepuluh) program pokok tersebut sudah membudaya, maka PKK dapat menjadi pilar yang kokoh yang tidak hanya berfokus pada kesejahteraan, namun juga dapat menekan laju pertumbuhan penduduk dengan KB. Dimana melalui program pengembangan berkoperasi, PKK dapat menanamkan dasar demokrasi ekonomi. Dan PKK juga mengenalkan strategis untuk mengembangkan usaha guna meningkatkan taraf hidup melalui pembinaan UPPKS.

    “Kami memandang TP PKK Kabupaten Way Kanan telah berkiprah secara optimal melaksanakan tugas dan fungsinya melalui beragam program dan kegiatan yang bermuara pada peningkatan kehidupan keluarga dan masyarakat di daerah ini, seperti memberdayakan keluarga dibidang pendidikan dan keterampilan, mengatasi problem kesehatan ibu dan anak, meningkatkan ekonomi keluarga dalam rangka pengentaskan kemiskinan, mengembangkan kehidupan gotong-royong, berkoperasi dan lain sebagainya. Karena dibalik berbagai keberhasilan tersebut, kita dituntut untuk tidak lantas berpuas diri. Sebab tantangan diberbagai aspek kehidupan pada masa-masa yang akan datang tentu semakin besar, sehingga peranan TP PKK sebagai organisasi pemberdayaan pun menjadi sedemikian penting. Untuk itu, mengingat besarnya tantangan pembangunan ke depan yang akan kita hadapi bersama”, jelas Adipati.

    Adipati juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Way Kanan mengharapkan agar TP PKK Provinsi Lampung selalu memberikan pembinaan kepada TP PKK Kabupaten Way Kanan, karena turut membantu dalam akselerasi penuntasan berbagai program pembangunan, sebagaimana upaya bersama dalam mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Way Kanan yaitu Way Kanan Unggul dan Sejahtera.

    “Terima kasih atas kunjungan ibu Ketua TP PKK Provinsi Lampung di Kabupaten Way Kanan, semoga akan memberikan semangat baru bagi kader-kader TP PKK Kabupaten Way Kanan untuk menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. Dan kami menyampaikan permohonan maaf apabila dalam penyambutan ada hal-hal yang kurang berkenan di hari ibu Ketua dan jajaran TP PKK Provinsi Lampung”, tutur Bupati Adipati.

    Pada kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Ny. Riana  Sari Arinal dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pandemi yang berjalan hampir berlangsung 2 tahun ini tidak hanya mengancap keselamatan jiwa, tetapi juga menimbulkan dampak ekonomi maupun sosial secara luar biasa namun dengnan semangat gotong royong akan membantu keluarga untuk mampu bertahan. Namun, jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda, ternyata ketahanan masyarakat dalam bentuk semangat gotong royong, saling membantu dan kepedulian terhadap sesama menjadi potensi yang luar biasa untuk membantu keluarga agar mampu bertahan dari berbagai tekanan akibat pandemi.

    “Saya meminta agar terjalin kerjasama antar organisasi seperti TP PKK, Dekranasda, Pokja PAUD, Pokja Literasi, LKKS, PMI, YJI dan Perwosi terhubung, kegiatan terintegrasi serta menunjukkan kiprah dan karyanya kepada masyarakat. Selain itu, Saya juga berharap kerjasama yang terjalin antar organisasi dapat memotivasi semua organisasi sebagai mitra Pemerintah untuk dapat menunjukkan kiprah dan karyanya kepada masyarakat. Juga Saya sangat berharap kegiatan Tahun ini dan tahun depan untuk tetap memprioritaskan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan penanganan dampak pandemi baik secara sosial, ekonomi maupun budaya” ujar Ny. Riana Sari Arinal yang juga memberikan semangat kepada Pemkab dan masyarakat Way Kanan dengan melindungi diri, lindungi keluarga serta sesama untuk Lampung Berjaya.

    Pada acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos., M.IP, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Kussarwono, M.T, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Dinas P3AP2KB, Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas TPHP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisatam Dinas Perpustakaan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Ketua I TP PKK Kabupaten, Ny. Eka Listriyeni Ali Rahman, Ketua II TP PKK Kabupaten, Ny. Vorian Melita Saipul. (Tr)

    Aftisar Putra

    Aftisar Putra

    Artikel Sebelumnya

    Pemkab Way Kanan Gelar Rapat Evaluasi Persiapan...

    Artikel Berikutnya

    Serap Aspirasi Masyarakat, Anggota DPRD...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Ketua Umum Bhayangkari Kunjungi Aiptu Heri dan Anaknya yang Terbaring Sakit
    Bareskrim Polri ungkap Jaringan Narkoba Wilayah Jambi H dan DS
    Irjen TNI Buka Perlombaan Cyber Strike dan Cyber Awareness Forum
    Raih ISO 9001:2015, SSDM Polri Terus Tingkatkan Kualitas Rekrutmen Anggota
    DPR Setujui Herindra Jadi Kepala BIN, Perkuat Sinergi Intelijen dan Pertahanan

    Ikuti Kami